Saya Bangga jadi Orang Batak

Diposting oleh donDry 13 September 2009
Label:

Sebagai suatu Bangsa yang memiliki bahasa, wilayah, rakyat, dan memiliki aksara (huruf), patutlah saya bangga dilahirkan sebagai orang Batak….Adat budaya yang ditanamkan sejak saya kecil, membuat saya mengerti akan artinya hukum adat…sehingga membuat saya memilih profesi di bidang hukum….itulah pula yang menjadi jawaban mengapa banyak lawyer di Indonesia ini yang orang Batak….

Kebanggaan saya sebagai orang Batak tidak hanya cukup sampai disitu.beberapa ciri-ciri orang Batak yang membanggakan saya, antara lain :

1. Orang Batak memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi terhadap keluarganya..jadi bahagialah wahai engkau puteri Batak apabila ada doli-doli yang sedang pdkt…karena putera-putera Batak diciptakan untuk bertanggungjawab kepada Marga (keluarga)…Inilah yang membuat tingkat perceraian di keluarga Batak bisa dibilang “sedikit”….karena orang Batak akan dikucilkan apabila dia bercerai (marsirang)

2. Orang Batak dilahirkan dengan suara dan logat bahasa yang tegas…memang menjadi ekstrim apabila orang Batak berbicara di suatu kumpulan orang-orang yang beda suku…namun dengan ketegasan logat bahasa tersebut, maka banyak orang-orang Batak yang diangkat menjadi ketua…minimal wakil dalam suatu organisasi kemasyarakatan…(tidak perlu ditulis organisasi-organisasi mana saja itu)

3.Orang Batak pantang menyerah.. dahulu karena memang keberadaan kita yang jauh dari pusat pemerintahan (waktu jaman penjajahan belanda), maka Pemuda-pemuda Batak kurang mendapat kesempatan tampil dalam perjuangan membentuk negera RI ini…namun kendala tersebut tidak membuat tokoh-tokoh masyarakat Batak pada waktu itu untuk menyerah…berbekal baju dibadan dan doa restu orangtua…banyak Pemuda-Pemuda Batak datang ke Java untuk menjadi TNI, Guru, Hakim, Jaksa dan Birokrat lainnya….Organisasi Politik juga sarat dengan orang Batak…so dont mess with Batak…..hahahaha

Gue Bangga jadi orang Batak, walaupun tidak dilahirkan di Bona pasogit..

Belajarlah mencintai Bahasa dan Adat Budaya Batak, karena hanya 24 Bangsa di Dunia yang serataf dengan Batak karena memiliki Bahasa, Aksara, Wilayah, Adat-Budaya, Gorga, Astronomi, Tarian, dll

Mauliate…

(Tigor L. Manik:www.gobatak.com)

0 komentar:

Posting Komentar

MAu Kritik......

KE SINI AJA TULIS

 
donDry | Original Concept and Design by My Blogger Themes